eprintid: 42070 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/20/70 datestamp: 2021-03-01 03:52:01 lastmod: 2021-06-17 07:27:14 status_changed: 2021-03-01 03:52:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hanif Sandya Eko Putro, NIM: 17200011004 title: TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: BA divisions: bim_kon full_text_status: restricted keywords: terapi, kondisi mental, bimbingan note: Pembimbing : Dr. Nurus Sa‟adah, S. Psi., M. Si, abstract: Pada proses perkembangan psikologis anak usia sekolah pada umumnya akan melakukan peniruan melalui orang terdekat sepertihalnya orangtua, guru, dan lingkungan sosial. Kondisi emosional anak usia sekolah cenderung tidak stabil pergaulan yang salah dapat dengan mudah membawa anak melakukan tindakan-tindakan menyimpang seperti kenakalan dan bahkan tindakan kriminal. Sehingga perkembangan emosi anak usia sekolah membutuhkan perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh, proses, dan besarnya pengaruh terapi musik dan gerak terhadap pengendalian marah anak usia sekolah. Berdasarkan data observasi menunjukkan bahwa di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Jawa Tengah terdapat Penerima Manfaat yang membutuhkan pengarahan dalam pengendalian emosi marah. Kamudian penulis memberikan treatment berupa penerapan terapi musik dan gerak untuk membentuk pengendalian emosi marah pada anak. Penelitian menggunakan pendekatan Quasi Experimental design dengan pola non-equivalent control group design (pretest-postest yang tidak ekuivalen). Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket dengan melibatkan semua populasi yang berada di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Jawa Tengahg. Besarnya subyek dalam penelitian ini berjumlah 64 orang penerima manfaat (PM). Kemudian dibagi sama rata menjadi dua kelompok eksperimen, dan kelompok kontrol masing-masing beranggotakan 32 subyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dan gerak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengendalian emosi marah pada anak usia sekolah. Hasil postest kelompok eksperimen adalah 114.281, sedangkan hasil postest kelompok kontrol adalah 97.5. Berdasarkan hasil analisis mean postest diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (114.281 > 97.5). Dapat disimpulkan bahwa antara mean postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan sebesar 16.58. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh positif antara terapi musik dan gerak terhadap pengendalian marah anak usia sekolah, karena nilai Xe > Xk. Terapi musik dan gerak mampu meningkatkan pengendalian marah anak usia sekolah. date: 2020-01-14 date_type: published pages: 153 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Hanif Sandya Eko Putro, NIM: 17200011004 (2020) TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42070/11/17200011004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42070/12/17200011004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf