%0 Thesis %9 Skripsi %A ISTI ASFIAH NIM. 07480007-E, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4212 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K active learning, pembelajaran, permainan matematika. %T UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS II B MIN TEMPEL NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4212/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Matematika yang ada selama ini diajarkan secara konvensional. Siswa bermain main sendiri dan kurang aktif. Guru jarang emvariasikan dengan metode pembelajaran yang lain,sehingga berakibat pada prestasi yang rendah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, apakah dapat meningkatkan suasana pembelajaran matematika menjadi aktif dan menyenangkan, serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan active learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas II B MIN Tempel tahun pelajaran 2008/2009.Jumlah siswa 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi,Jurnal harian, wawancara tidak berstruktur dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Melalui pendekatan active learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II B, dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yaitu 79,2, pada siklus II nilai rata-rata 87,76, dan pada siklus III nilai rata-rata 92,38. (2) Penggunaan permainan matematika dalam pembelajaran yang menyenangkan dapat mengaktifkan siswa. Dimana pada siklus I siswa yang senang dengan permainan matematika 97,36, pada siklus II 98,24, dan pada siklus III 98,12. %Z Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati