@phdthesis{digilib4214, month = {April}, title = {KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XII MA ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { KHOIRUL ANWAR NIM. 03410077}, year = {2010}, note = {Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag.}, keywords = {Kemampuan berbahasa Arab, Prestasi belajar siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4214/}, abstract = {Prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah faktor pengajaran di dalam kelas. Sebagai madrasah yang berbasis pesantren, MA Ali Maksum masih menggunakan beberapa kitab dan literatur berbahasa Arab. Salah satunya adalah dalam proses pengajaran mata pelajaran Fiqih. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan berbahasa Arab secara memadai. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan, dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XII MA Ali Maksum tahun 2009/2010. 2) Prestasi belajar Fiqih siswa kelas XII MA Ali Maksum tahun 2009/2010.3)Korelasi antara kemampuan berbahasa Arab dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas XII MA Ali Maksum tahun 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif korelasional, dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik-pedagogis. Karena jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel, yang ditentukan dengan teknik stratified proportional random sampling. Setelah dilakukan konsultasi terhadap tabel sampel yang dikemukakan oleh Krejcie dan Morgan, jumlah sampel ditetapkan sebesar 86 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yakni observasi,wawancara dan okumentasi. Sebelum dianalisis, data yang terkumpul terlebih dahulu dilakukan proses koding dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa Arab kemampuan membaca dan menulis) siswa kelas XII MA Ali Maksum Tahun Pelajaran 2009/2010 diklasifikasikan dalam 3 kategori, yakni kategori rendah sebesar 45,35\% (39 siswa), sedang sebanyak 40,70\% (35 siswa), dan tinggi sebesar 13,95\% (12 siswa), yang berarti bahwa mayoritas siswa kelas XII MA Ali Maksum memiliki kemampuan berbahasa Arab dalam kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa prestasi belajar fiqih siswa kelas XII MA Ali Maksum diklasifikasikan dalam 3 kategori, yakni rendah sebesar 83,72\% (72 siswa), dan sedang sebanyak 12,79\% (11 siswa), dan tinggi sebesar 3,49\% (3 siswa), yang berarti bahwa prestasi belajar Fiqih siswa kelas XII MA Ali Maksum mayoritas berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan teknik analisis korelasi product moment, diketahui bahwa nilai rhitung (0,767) lebih besar dari nilai r dalam tabel values product moment untuk taraf keabsahan 5\% dan N sebesar 86, yakni 0,213. Dengan demikian, hipotesis nihil(Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya: quot;ada korelasi antara kemampuan berbahasa Arab dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas XII MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak, Tahun Pelajaran 2009/2010 quot;. } }