eprintid: 4215 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/42/15 datestamp: 2012-08-30 08:49:35 lastmod: 2012-08-30 08:51:30 status_changed: 2012-05-04 16:45:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOLIVATUL IMAN NIM. 05410011, title: EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Pemilihan media Pengajaran note: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang seringkali menggunakan metode dan media yang tidak tepat dengan situasi dan kondisi ketika pembelajaran berlangsung baik itu yang menyangkut karakter peserta didik, suasana kelas sampai kepada pemilihan media sebagai alat bantu pengajaran sehingga berimplikasi pada materi yang seharusnya menyenangkan pada saat disampaikan di dalam pembelajaran menjadi suatu hal yang menjenuhkan bagi siswa. Hal ini dikarenakan pendidik yang selalu menggunakan metode yang sama pada proses pembelajaran. Akhirnya, kebanyakan pendidik beranggapan bahwa menggunakan metode konvensional adalah senjata pamungkas bagi pendidik untuk menyampaikan materi pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang mengambil bentuk penelitian kolaboratif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara tidak berstruktur, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul sebelum menggunakan musik sebagai media pembelajaran didominasi oleh metode ceramah ditambah tanya jawab dan mencatat dengan minimnya pemanfaatan media. (2)Implikasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul sebelum menggunakan musik sebagai media pembelajaran terhadap efektifitas belajar siswa belum dapat terlihat. Kondisi kelas agak sedikit gaduh dan kurang kondusif untuk belajar. Adanya pembelajaran yang belum dapat memanfaatkan media pembelajaran yang tepat menimbulkan siswa yang menjadi cenderung kurang perhatian dalam pembelajaran, keluar masuk ruangan saat pembelajaran berlangsung, partisipasi dalam pembelajaran rurang, kondisi kelas yang pasif, daya serap yang lemah, siswa merasa bosan dan jenuh untuk melanjutkan pembelajaran. (3) Inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII E di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul dengan menggunakan musik sebagai media pembelajaran dapat secara efektif meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. (4)Implikasi dari penerapan musik sebagai media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul tercermin dari respon yang ditunjukkan peserta didik selama kegiatan pembelajaran yang ceria dan menggembirakan berlangsung. Peserta didik dengan antusias mengikuti seluruh kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran. Keantusiasan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terlihat dari tingginya partisipasi yang diberikan oleh peserta didik. Sejalan dengan hal tersebut, prestasi peserta didik pun ikut meningkat. date: 2010-04-15 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-15 15:06:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--kholivatul-3995-1-kholivat-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/80/digilib-uinsuka--kholivatul-3995-1-kholivat-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4490 ; nama file lama : KHOLIVATUL IMAN - NIM. 05410011 EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1784510 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KHOLIVATUL IMAN NIM. 05410011, (2010) EFEKTIVITAS MEDIA MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4215/10/small.jpg