%A NIM.: 13240045 Alfian Nuari %O Pembimbing : Early Maghfiroh Innayati. S.Ag. M.Si %T PENERAPAN BAURAN PEMASARAN UMROH DAN HAJI KHUSUS DI PT. ZAM-ZAM TOUR DAN TRAVEL CABANG YOGYAKARTA %X Bauran pemasaran atau bisa juga disebut dengan Marketting Mix, merupakan stategi yang mendasarkan manajemen pemasaran yang biasa ditetapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Bauran pemasaran terdiri dari empat macam yang biasa disingkat dengan 4P yaitu: Produk, Harga, Tempat atau Distribusi dan Promosi. Tugas mendasar pengelola pemasaran adalah menggabungkan keempat elemen tersebut kedalam suatu program pemasaran guna terjadinya pertukaran dengan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Zam-zam Tour dan Travel cabang Yogyakarta, didalam proses pemasaran atau penjualan produknya, yang berpedoman kepada empat unsur Bauran Pemasaran (Marketting Mix) yaitu : Strategi menentukan Produk (Product), Harga (Price), Distribusi (Place), dan Promosi (Promotion). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Didalam proses pengumpulan data secara teknisnya dilakukan dengan metode observasi, studi dokumen dan wawancara. Setelah data-data terkumpul lalu, kemudian mengklarifikasikan, mengedit dan menyajikan data sesuai jenis-jenis masing-masing data. Sebelum data terkumpul dianlisa terlebih dahulu dan pengecekan keabsahannya dilakukan melalui metode triangulasi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa penerapan bauran pemasaran PT. Zam-zam Tour & Travel dalam empat macam: Pertama, produk dengan mengembangankan berbagai variasi paket sesuai permintaan pasar dan mengutamakan mutu produk. Kedua, harga sudah sesuai dengan apa yang dikeluarkan pelanggan dan yang diterima pelanggan,tetapi alangkah baikknya jika memberikan garansi jasa secara tertulis kepada pelanggan. Ketiga distribusi dengan penetapan lokasi kantor pusat dan cabang yang strategis dan potensial dalam menyalurkan produk dan pendistribusian dengan jalur perorangan. Keempat i promosi PT. Zam-zam Tour & Travel dengan melalui, iklan, media massa dan penjulan langsung. %K Marketing, Teknik Pemasaran, marketing mix %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib42158