TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. ID - digilib4217 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4217/ A1 - LAILY FAUZIYAH NIM. 05410061, Y1 - 2010/04/16/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah seorang menghafal Al-Qur'an membutuhkan semangat dan konsentrasi yang tinggi, untuk dapat mengkhatamkan 30 juz. Dalam kenyataanya dewasa ini banyak orang yang berhenti ditengah jalan dan tidak bisa melanjutkan hafalannya 30 juz karena tidak adanya motivasi. Seperti halnya di Madrasah Tahfizhul Qur'an PP. Al-Munawwir Komplek Q ada problematika yang mengakibatkan menurunnya motivasi pada santri yang akhirnya dapat mengakibatkan berhenti dan tidak dapat menyelesaikan hafalannya 30 juz. Oleh karena itu peran motivasi sangat berperan untuk mengatasi problematika santri di Madrasah Tahfizhul Qur'an PP. Al-Munawwir Komplek Q krapayak Yogyakarta. Rumusan masalah meliputi: (1) apa saja problematika santri,(2) Apa saja motivasi santri, (3)bagaimana peran motivasi bagi santri dalam menghafal Al-Qur'an di PP. Al-Munawwir komplek Q krapyak Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran motivasi dalam mengatasi problematika menghafal Al-Qur'an di Madrasah Tahfizhul Qur'an PP. Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogayakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Tahfizhul Qur'an PP. Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogayakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi,dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data diadakan dengan triangulasi dengan dua modus, yakni dengan sumber dan metode ganda. Hasil penelitian: (1) adanya Problematika santri dalam menghafal yaitu belum bisa menjadikan Al-Qur'an sebagai prioritas utama, terlalu banyak maksiat, tidak sabar,malas dan putus asa, lupa, tidak mampu membaca dengan baik,tidak mampu mengatur waktu dengan baik, pengulangan (tikror)yang sedikit, faktor keluarga, dan kondisi Muwajjih (Pengasuh). (2) Motivasi yang berkembang dari diri santri sendiri, semisal dengan meningkatkan niat untuk berupaya memotivasi diri sendiri untuk segera megkhatamkan Al-Qur'an.Sedangkan motivasi yang merupakan pengaruh dari luar misalnya adanya perhatian yang serius dari pengurus, motivasi dari orang tua, motivasi dari keluarga,para roisah dan pengasuh pondok yang walaupun tidak secara langsung bertemu dengan santri.Peran motivasi sangat berpengaruh bagi santri madrasah Tahfizhul Qur'an, tanpa adanya motivasi yang kuat pada diri santri maka mustahil santri akan berhasil menghatamkan Al-Qur'an 30 juz. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Motivasi KW - Peran motivasi dalam menghafal Al-Qur'an M1 - skripsi TI - MOTIVASI SEBAGAI UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA SANTRI MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MADRASAH TAHFIZHUL QUR'AN PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted ER -