@phdthesis{digilib4218, month = {April}, title = {UPAYA MEWUJUDKAN ACTIVE, JOYFULL, AND EFFECTIVE LEARNING (AJEL) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI PSM PARON KABUPATEN NGAWI}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { AFIFAH NURMA ROSYIDA - NIM. 05430004}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd,}, keywords = {Active Learning, Joyfull Learning, Effective Learning, model pembelajaran kooperatif tipe TAI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4218/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan keaktifan siswa (Active Learning), suasana pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning) dan keefektifan pembelajaran (Effective Learning) pada pelajaran matematika kelas V MI PSM Paron dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek mpenelitian ini adalah siswa kelas V MI PSM Paron yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket AJEL siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat mewujudkan AJEL pada pelajaran matematika kelas V MI PSM Paron. Active Learning atau keaktifan siswa pada pembelajaran dilihat dari semua indikator dapat diwujudkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dari analisis angket diperoleh hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 61,80\%, pada siklus II sebesar 62,33\% dan pada siklus III sebesar 63,09\%. Keaktifan siswa dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dan teman lainnya ketika mengalami kesulitan, keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat, keaktifan siswa dalam mempertanyakan gagasan orang lain, dan siswa berani bertanya serta berbuat. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dilihat dari semua indikatornya juga dapat diwujudkan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis angket diperoleh persentase siklus I sebesar 75,22\%, pada siklus II sebesar 75,45\% dan pada siklus III menjadi 75,95\%. Joyfull Learning dapat dilihat melalui tiga indikator, yaitu siswa betah berlamalama di dalam kelas, siswa merasa senang dengan pembelajaran yang berlangsung, dan siswa memiliki semangat yang besar untuk mempelajari materi. Sedangkan Effective Learning atau keefektifan pembelajaran juga dapat diwujudkan pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil analisis angket menunjukkan persentase pada siklus I sebesar 72,82\%, siklus II sebesar 73,01\%, dan siklus III sebesar 74,70\%. Effective Learning dapat dilihat dari siswa dapat mengerjakan soal yang diberikan dengan baik dan benar dan siswa dapat menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. } }