%0 Thesis %9 Skripsi %A Vivi Rinardi, NIM.: 15220007 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2020 %F digilib:42212 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %T BIMBINGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 SEWON BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42212/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan interaksi sosial siswa yang seharusnya dimiliki oleh siswa kelas VIII dilihat dari perilaku sosial siswa yang rendah terhadap teman sebaya, guru dan lingkungan sekolahnya. dalam mengatasi permasalahan ini, maka guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam komponen penyelesaian masalah. Salah satunya asalah dengan penggunaan bimbingan pendekatan behavioral dengan berbagai teknik-tekniknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan teknik-teknik pendekatan behavioral untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Fokus penelitian ini adalah teknik-teknik bimbingan behavioral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Subjek dari penelitian ini adalah 2 guru bimbingan konseling, 1 guru walikelas, dan 2 siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik-teknik behavioral yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon Bantul adalah teknik penokohan (modeling), teknik penguatan positif (positive reinforcement), dan teknik hukuman (punishment).