relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42286/ title: GROUP ART THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA INTROVERT KELAS X MADRASAH ALIYAH DI GARUT creator: Ismailia Muwaffaqoh Arifah, NIM.: 16220020 subject: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja subject: Bimbingan dan Konseling Islam description: Ismailia Muwaffaqoh Arifah. (NIM. 16220020). Group Art Therapy dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Intovert Kelas X Madrasah Aliyah di Garut. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa introvert yang memerlukan lingkungan untuk mendukung perkembangan keterampilan sosial, maka peneliti bermaksud membuat penelitian eksperimen dengan melakukan perlakuan berupa group art therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas group art therapy dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa introvert kelas X di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimental yang menggunakan dua kelompok dalam penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen melalui empat tahap-tahap perlakuan yaitu: tahap perkenalan dan pemanasan, tahap pembuatan karya seni, tahap diskusi, dan tahap akhir. Perlakuan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan yang dilakukan secara daring. Sedangkan kelompok kontrol hanya diberi materi dalam bentuk video yang sama dengan kelompok eksperimen terkait dengan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perubahan yang signifikan dari perlakuan dengan menggunakan group art therapy terhadap siswa introvert kelas X Madrasah Aliyah. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji Independent Sample Ttest dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) > 0,05 atau nilai t hitung < t tabel (0,234 < 2,144) yang membuat hipotesis nol (Ho) diterima. Jika dilihat dari rata-rata peningkatan kedua kelompok tersebut, rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 63.13 untuk Pre-Test dan 63.38 untuk Post-Test. Sedangkan rata-rata dari kelompok kontrol adalah 62.88 untuk Pre-Test dan 64.50 untuk Post-Test. Berdasarkan data tersebut, peningkatan skor dari kedua kelompok sangat rendah dan nilai rata-rata kelompok kontrol lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen. Artinya, group art therapy pada penelitian ini tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa introvert. date: 2020-07-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42286/1/16220020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42286/2/16220020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Ismailia Muwaffaqoh Arifah, NIM.: 16220020 (2020) GROUP ART THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA INTROVERT KELAS X MADRASAH ALIYAH DI GARUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.