%A ARIFFATIN - NIM. 05450012 %O Pembimbing: Drs. Suhardi , M.Pd. %T PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGITERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKA RAGAMAN HAYATI %X Penelitian pengaruh pemberian quiz pada pembelajaran biologi terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta, berdasarkan latar belakang lemahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian quiz terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan secara populatif yaitu kelas XA sebagai kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa (konfensional) dan kelas XB sebagai eksperimen yaitu pembelajarannya dengan diberikan quiz. Data motivasi diperoleh melalui lembar angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan pemberian quiz, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen, yaitu untuk kelompok kontrol kategori sangat baik 10%, baik 26,7% dan cukup baik 63,3% sedang untuk kelompok eksperimen kategori sangat baik 51,6%, baik 29% dan cukup baik 19,4% sedang untuk kategori kurang dan kurang baik sama-sama 0%. Selain perbedaan motivasi belajar siswa juga terdapat perbedaan hasil prestasi siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk rerata nilai test akhir kelompok kontrol yaitu 6,161 dan untuk kelompok eksperimen 7,567. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan yang signifikan (p 0.05) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Ini berarti pemberian quiz berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi siswa pada sub materi keanekaragaman hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. %K motivasi, prestasi, pembelajaran, biologi, keanekaragaman hayati, quiz %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4229