eprintid: 4229 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/42/29 datestamp: 2012-09-03 13:19:35 lastmod: 2016-12-13 02:33:41 status_changed: 2012-05-04 16:45:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARIFFATIN - NIM. 05450012, title: PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGITERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKA RAGAMAN HAYATI ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: motivasi, prestasi, pembelajaran, biologi, keanekaragaman hayati, quiz note: Pembimbing: Drs. Suhardi , M.Pd. abstract: Penelitian pengaruh pemberian quiz pada pembelajaran biologi terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta, berdasarkan latar belakang lemahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian quiz terhadap motivasi dan prestasi siswa pada submateri Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan secara populatif yaitu kelas XA sebagai kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa (konfensional) dan kelas XB sebagai eksperimen yaitu pembelajarannya dengan diberikan quiz. Data motivasi diperoleh melalui lembar angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan pemberian quiz, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen, yaitu untuk kelompok kontrol kategori sangat baik 10%, baik 26,7% dan cukup baik 63,3% sedang untuk kelompok eksperimen kategori sangat baik 51,6%, baik 29% dan cukup baik 19,4% sedang untuk kategori kurang dan kurang baik sama-sama 0%. Selain perbedaan motivasi belajar siswa juga terdapat perbedaan hasil prestasi siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk rerata nilai test akhir kelompok kontrol yaitu 6,161 dan untuk kelompok eksperimen 7,567. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan yang signifikan (p 0.05) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Ini berarti pemberian quiz berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi siswa pada sub materi keanekaragaman hayati kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. date: 2010-04-16 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-16 11:41:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ariffatinn-4009-1-ariffati-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/81/digilib-uinsuka--ariffatinn-4009-1-ariffati-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4514 ; nama file lama : ARIFFATIN - NIM. 05450012 PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1038153 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ARIFFATIN - NIM. 05450012, (2010) PENGARUH PEMBERIAN QUIZ PADA PEMBELAJARAN BIOLOGITERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA SUBMATERI KEANEKA RAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4229/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4229/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf