%0 Thesis %9 Skripsi %A Hanny Fahiratunnisa, NIM.: 16220089 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2020 %F digilib:42296 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pendidikan agama, anak tunagrahita %P 139 %T BIMBINGAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42296/ %X HANNY FAHIRATUNNISA (16220089), Bimbingan Agama untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman, Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2020. Latar belakang penelitian ini bahwa anak tunagrahita memiliki keterbatasan IQ yang rendah sehingga berpengaruh terhadap kemampuan intelektualnya yang tentunya berbeda dengan anak normal lainnya. Pada dasarnya anak tunagrahita berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan mampu mengembangkan kemampuan mereka. Karena kedudukannya mereka sama yaitu sebagai mahluk tuhan yang masihmemiliki akal walaupun mempunyai keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimateri apa saja yang ada dalam bimbingan agama Islam untuk meningkatkan kemandirian pada anak tunagrahita yang dilakukan guru pembimbing agama di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengoranisasikan data yang berhasil dikumpulkan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa materi yang ada di dalam bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan kemandirian anak tuna grahita diSLB C Wiyata Dharma 2 Sleman, Yogyakarta meliputi bimbingan agama yang dilakukan pembimbing, penanaman sopan santun (akhlak), membaca do ’a-do ’a, membaca Al-Qur’an, bimbingan shalat, dan cara berwudhu, dari beberapa upaya tersebut anak tunagrahita di SLB C Wiyata Dharma Sleman mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. %Z Dr. Irsyadunnas, M.Ag.