%A MUHAMMAD MASKUR NIM. 04471155 %O Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag. %T PENGEMBANGAN MODEL LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS AL-MUHDLOR DESA DARUNGAN, YOSOWILANGUN, LUMAJANG, JAWA TIMUR %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bentuk pengembangan model lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Muhdlor Desa Darungan,Yosowilangun, Lumajang, Jawa Timur dan upaya lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Muhdlor dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusianya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui model lembaga pondok pesantren yang diadopsi di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Muhdlor sekaligus upaya-upaya pengembangannya disamping itu untuk mengetahui sejauh mana usaha-usaha lembaga yang ditempuh dalam meningkatkan sumber daya manusianya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat lapangan (field research),dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Muhdlor Desa Darungan,Yosowilangun, Lumajang, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan empat langkah yaitu reduksi data, data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verification). Kesimpulan yang dapat ditarik dari skripsi ini adalah bahwa pengembangan model lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Muhdlor adalah model pondok pesantren khalafiyah (modern). Dalam rangka pengembangan model khalafiyah ini dilakukan upaya pengembangan yang mencakup dua aspek yaitu aspek non fisik dan aspek fisik. Aspek non fisik meliputi pendidikan agama dan pengajian kitab, pendidikan dakwah, pendidikan formal, pendidikan seni, pendidikan kepramukaan, pendidikan olah raga dan kesehatan, pendidikan ketrampilan dan kejuruan, dan penyelenggaraan kegiatan sosial. Sedangkan aspek fisiknya meliputi mushala, perumahan kyai, asrama atau pondok, perkantoran,perpustakaan, gedung pendidikan dan pengajian, aula atau balai Diklat, peralatan penunjang kegiatan pendidikan, balai kesehatan, lapangan olah raga dan kesehatan, dan koperasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusianya pihak pondok pesantren melakukan upaya-upaya melalui pendidikan dan pelatihan bagi guru, karyawan maupun siswanya di pendidikan formal, maupun ustadz dan santri pada pendidikan diniyah. div %K Kualitas sumberdaya manusia, Model lembaga pondok pesantren %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4241