%0 Thesis %9 Skripsi %A NANA LUTFIANA NIM. 05420066, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4243 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Metode sam'iyah syafawiyah, Pengajaran bahasa Arab %T APLIKASI METODE SAM'IYAH SYAFAWIYAH DALAM PENGAJARAN KALAM (BAHASA ARAB) SISWA KELAS VIII DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4243/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi metode sam'iyah syafawiyah yang digunakan dalam pengajaran kalam siswa kelas VIII di MTsN Ngemplak serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambatnya dalam pengajaran kalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif . pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, dianalisis isinya kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Metode berpikir yang digunakan metode induktif yaitu suatu metode berpikir dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian ditarik fakta yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi metode sam'iyah syafawiyah dalam pengajaran kalam siswa kelas VIII di MTsN Ngemplak dilakukan dengan cara guru memberi pelajaran dengan melafalkan hiwar siswa mendengarkan materi yang dibacakan guru, setelah itu menyuruh siswa menirukan apa yang diucapkan guru dengan baik. Pada akhir pelajaran siswa disuruh mendemonstrasikan materi yang telah diajarkan secara berpasangan. (2) Faktor pendukung aplikasi metode sam'iyah syafawiyah dalam pengajaran kalam siswa kelas VIII di MTsN Ngemplak yaitu: a) faktor materi yang menggunakan bahasa Arab, b) guru bahasa Arab yang berkompetensi, c) media pembelajaran yang masih dalam proses, d) keberanian mengucapkan meskipun salah. Sedangkan faktor penghambat aplikasi metode sam'iyah syafawiyah dalam pengajaran kalam siswa kelas VIII di MTsN Ngemplak yaitu: a) faktor latar belakang pendidikan siswa yang beragam sehingga kemampuan berbahasa Arab siswa juga beragam, b) kurangnya media pembelajaran. div %Z Pembimbing : Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A.