eprintid: 4248 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/42/48 datestamp: 2012-08-30 13:12:41 lastmod: 2016-12-13 02:38:36 status_changed: 2012-05-04 16:45:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRTIFAH - NIM. 05450013, title: HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: minat belajar, lingkungan belajar, dan prestasi belajar biologi siswa note: Pembimbing: Dr. Paidi, M. Si, abstract: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2009/2010. Hubungan ini dapat dilihat secara sendiri-sendiri yaitu; minat belajar dengan prestasi belajar biologi dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi, maupun secara bersama-sama yaitu; minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta 1 yang terdiri dari 2 kelas dengan total 72 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel. Data tentang minat belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui teknik angket, sedangkan data tentang prestasi belajar biologi siswa dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Validasi dan reliabilitas data dilakukan melalui product moment dan alpha cronbach. Untuk mengetahui hubungan antar variabel, data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi dua prediktor. Sebelum analisis regresi terlebih dahulu dilakukan uji asumsi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar secara sendiri-sendiri dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh (ry1-2) sebesar 0,219 dengan p 0,05. Tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar secara sendiri-sendiri dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh (ry2-1) sebesar -0,023 dengan p 0,05. Tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (Ry(1,2)) sebesar 0,218 dengan koefisien determinasi (R2 y(1,2)) sebesar 0,020 dan p 0,05. Dengan demikian minat belajar dan lingkungan belajar siswa, keduanya bukanlah faktor utama yang mempengaruhi prestasi belajar biologi siswa. date: 2010-04-16 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-16 15:45:41 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--irtifahnim-4028-1-irtifah-r.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/81/digilib-uinsuka--irtifahnim-4028-1-irtifah-r.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4538 ; nama file lama : IRTIFAH - NIM. 05450013 HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1798574 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IRTIFAH - NIM. 05450013, (2010) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4248/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4248/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf