eprintid: 42540 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/25/40 datestamp: 2021-06-22 07:52:36 lastmod: 2021-06-22 07:52:36 status_changed: 2021-06-22 07:52:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Ernawati, NIM.: 13720029 title: CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital ispublished: pub subjects: ms subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Content Creator, Kapitalisme Digital, Alienasi, Komodifikasi note: Pembimbing : Achmad Uzair, M.A., Ph.D abstract: Kehadiran content creator dalam industri kreatif kian diminati seiring perkembangan kapitalisme digital. Pengaruh dari relasi produksi di dunia maya mempunyai konsekuensi terhadap relasi sosial seorang content creator terutama atas penerapan konsep alienasi dalam konteks industri digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan ekonomi digital terutama terkait dengan persoalan praktik-praktik komodifikasi konten yang kian melimpah serta sejauh mana alienasi terjadi pada kreator. Penelitian ini menggunakan konsep alienasi dari pemikiran Karl Marx. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan netnografi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi online, yaitu membiarkan natural setting tanpa adanya campur tangan pihak yang sedang melakukan penelitian, dokumentasi secara online, dan wawancara online dilakukan dengan representasi masing-masing dari berbagai platform yaitu kreator youtube, instagram dan pinterest yang di perantarai oleh media dan jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa creator dalam mode produksikonsumsi (prosumsi) berada di posisi yang dilematis, ia bisa menjadi audien pada saat tertentu dan ia juga bisa menjadi creator pada saat yang lain. Objek produksi yang dihasilkan tidak bisa ia kendalikan sepenuhnya, selebihnya kekuatan audien dan otomatisasi alogaritma yang bekerja. Konsekuensinya berpengaruh pada relasi sosial, hubungannya dengan objek yang di ciptakan hingga pada hubungan dengan dirinya sendiri. Ada beberapa konsep alenasi yang di kemukakan oleh Marx masih relevan jika terapkan dalam konteks ini. Namun ada yang perlu di perhatikan adalah tidak semua yang terjadi pada masa perkembangan produksi kapitalisme awal bisa di samakan dengan kapitalisme digital saat ini. date: 2020-06-30 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Ernawati, NIM.: 13720029 (2020) CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42540/1/13720029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42540/2/13720029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf