eprintid: 42566 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/25/66 datestamp: 2021-06-24 09:14:37 lastmod: 2021-06-24 09:14:37 status_changed: 2021-06-24 09:14:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zulha Nur Rahmasari, NIM.: 15690050 title: PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: PBL, modul IPA, tema gerak dan gaya note: Pembimbing Ika Kartika, M.Pd.Si abstract: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas VIII dan bertujuan mengetahui kualitas dan mengetahui respon siswa terhadap modul IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas VIII di SMPIT Bina Umat Yogyakarta pada materi gerak dan gaya yang telah dikembangkan. Modul yang dihasilkan dalam bentuk cetak dan softfile. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop yaitu pada uji terbatas. Instrumen penelitian berupa lembar saran dan masukan validator, lembar penilaian kualitas modul, dan lembar respon siswa. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengubah skor rata-rata yang diperoleh menjadi nilai kualitatif yang sesuai dengan kriteria penilaian. Penilaian kualitas modul IPA oleh para ahli menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon siswa menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist berupa penyataan positif dan negatif. Hasil penelitian ini menghasilkan modul IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas VIII di SMPIT Bina Umat Yogyakarta pada materi gerak dan gaya. Kualitas modul IPA yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh klasifikasi Sangat Baik (SB) dan berdasarkan penilaian ahli grafika dan guru IPA memperoleh klasifikasi Baik (B) dengan rerata skor 3,58; 3,23; dan 3,14. Respon siswa terhadap modul pada uji terbatas memperoleh klasifikasi Setuju (S) dengan rerata skor 0,96. date: 2020-08-03 date_type: published pages: 200 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zulha Nur Rahmasari, NIM.: 15690050 (2020) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42566/1/15690050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42566/2/15690050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf