eprintid: 42567 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/25/67 datestamp: 2021-06-24 09:35:47 lastmod: 2021-06-24 09:35:47 status_changed: 2021-06-24 09:35:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suci Mu’izz Marsila, NIM.: 16600005 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Treffinger, Talking Stick, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Pembelajaran Online note: Pembimbing Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online daripada model pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kedua, untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online daripada model pembelajaran online konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Berdasarkan upaya pencegahan penularan COVID-19, maka penelitian dilakukan secara online. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online serta variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online lebih efektif daripada model pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran online konvensional lebih efektif daripada model pembelajaran Treffinger dengan metode Talking Stick berbasis online terhadap disposisi matematis siswa. date: 2020-07-10 date_type: published pages: 271 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Suci Mu’izz Marsila, NIM.: 16600005 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN METODE TALKING STICK BERBASIS ONLINE DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42567/1/16600005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42567/2/16600005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf