eprintid: 42568 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12463 dir: disk0/00/04/25/68 datestamp: 2021-06-26 11:52:42 lastmod: 2021-06-26 11:52:42 status_changed: 2021-06-26 11:52:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hartiningsih, NIM.: 13410233 title: KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES ispublished: pub subjects: P subjects: bim_kons divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Membaca, Al-Qur'an note: Pembimbing : Drs. H. Mujahid, M. Ag. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa menjadi sangat penting untuk mengarahkan siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap guru memiliki program pengajaran masing- masing dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Banyak siswa yang kemampuan membaca Alquran masih rendah meskipun sudah dilaksanakan program TPA. Mengingat hal tersebut peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa membutuhkan kerjasama yang baik antara guru satu dengan guru yang lainnya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, menganalisis bentuk kolaborasi, strategi dan hasil kolaborasi yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualilatif dengan mengambil latar SMP Negeri 5 Wates. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini akan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Ada 10 subyek yang dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian ini menujukkan: 1) Bentuk kolaborasi antara guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran yaitu berkolaborasi memotivasi, mengkondisikan siswa, membimbing siswa dan evaluasi 2) Berdasarkan analisis proses pembelajaran kegiatan keagamaan, strategi pelaksanaan kolaborasi guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dilaksanakan sejak awal dari memotivasi siswa, mengkondisikan siswa, membimbing siswa dan mengevaluasi. 3) Hasil kolaborasi antara guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaaca Alquran sangat efektif untuk dilakukan karena setelah dilakukan kolaborasi, kelas menjadi lebih kondusif sehingga pembelajaran bisa lebih efektif dan juga siswa menjadi lebih termotivasi mengikuti kelas keagamaan. Sedangkan secara kuatitaif mengalami peningkatan pada siswa kelas Alquran. date: 2020-07-29 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hartiningsih, NIM.: 13410233 (2020) KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42568/1/13410233_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42568/2/13410233_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf