@phdthesis{digilib4257, month = {April}, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { MUNIROH DWI SUSILOWATI - NIM. 05450043 }, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Satino, M.Si}, keywords = {Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Kontekstual, Prestasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4257/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan oleh siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan prestasi belajar Biologi siswa dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa berupa Effect Size, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan di kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam 2 siklus. Sedangkan besarnya Effect Size, yaitu selisih rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II adalah sebesar 0,79. } }