TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Satino, M.Si ID - digilib4257 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4257/ A1 - MUNIROH DWI SUSILOWATI - NIM. 05450043 , Y1 - 2010/04/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan oleh siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan prestasi belajar Biologi siswa dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa berupa Effect Size, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berorientasi kontekstual yang dilaksanakan di kelas X-C SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok Eubacteria dan Archaebacteria dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam 2 siklus. Sedangkan besarnya Effect Size, yaitu selisih rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II adalah sebesar 0,79. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembelajaran Kooperatif KW - Group Investigation KW - Kontekstual KW - Prestasi M1 - skripsi TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONTEKSTUAL (Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta) AV - restricted ER -