TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.S.I ID - digilib42571 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42571/ A1 - Abdul Aziz Ma'arif, NIM.: 13420064 Y1 - 2020/01/28/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya siswa-siswi yang kurang bisa membaca dan memahami teks berbahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba mencari apa saja sih kesulitan yang di alami siswa-siswi dalam membaca teks berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor kesulitan membaca teks berbahasa Arab. (2) Mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan siswa dalam hal membaca teks berbahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, yang di laksanakan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, sedangkan jenis penilitiannya adalah analisis deskriptif kualitatif. Dengan analisis ini, di harapkan dapat menjadi perhatian untuk pengajar Bahasa Arab supaya tahu faktor-faktor kesulitan yang di alami siswa dalam membaca teks berbahasa Arab. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah Analisa data kualitatif, memprediksi kesalahan siswa dalam pengucapan kalimat bahasa Arab dan langkah kedua mengidentifikasi kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan yang di alami siswa adalah kesulitan linguistik, diantaranya adalah pengucapan, kosakata, tata Bahasa, pemaknaan. Kemudian kesulitan metodologis, di antaranya adalah alokasi waktu, latar belakang siswa, tenaga pengajar, metode, dan media. (2) Upaya yang di kakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kegiatan Belajar Mengajar KW - Bahasa Arab KW - Pembelajaran M1 - skripsi TI - ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA 2 SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020 AV - restricted EP - 126 ER -