@book{digilib42603, month = {June}, title = {MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI )}, author = {- Erni Munastiwi}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Pustaka Pelajar}, year = {2021}, keywords = {Pendidikan Multikultural; Pendidikan Anak Usia Dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42603/}, abstract = {Pendidikan multikultural tepat diberikan kepada siswa dari jenjang satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan dasar, satuan pendidikan menengah dan perguruan tinggi. Tujuan pendidikan multikultural adalah untuk menanamkan nilai sikap simpati, empati, respek dan apresiasi terhadap golongan lain serta penganut agama dan budaya yang berbeda. Salah satu realisasi pendidikan multikultural dijumpai penulis ketika melaksanakan tugas pendampingan guru di Kalimantan, yaitu: toleransi agama. Yang dimaksud toleransi agama adalah terciptanya suasana saling menghormati dan saling menghargai antar umat beragama. Bapak/Ibu guru yang berbeda agama hidup rukun berdampingan bersama melaksanakan tugas mendidik anak bangsa. Berawal dari fenomena tersebut, kemudian penulis melakukan beberapa penelitian terkait pendidikan multikultural. Salah satu tema adalah pendidikan multikultural untuk tingkat satuan pendidikan anak usia dini. Pendidikan multikultural anak usia dini merupakan pendidikan yang memberi corak warna alternatif untuk menanamkan watak dan karakter bangsa dengan upaya menanamkan, membentuk dan membiasakan nilai toleran, kesetaraan, demokrasi, dan keadilan sehingga melahirkan sikap saling menghargai dan menghormati sejak usia dini. Tema pendidikan multikultural anak usia dini dipilih juga sebagai tema penelitian, ketika penulis berkesempatan menerima bantuan penelitian dari Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019. Dari hasil penelitian disusunlah buku referensi berjudul: Pendidikan Multikultural PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).} }