TY - THES N1 - Pembimbing Nurul Arfinanti, M.Pd ID - digilib42605 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42605/ A1 - Hariza Noor Perdani, NIM.: 16600028 Y1 - 2020/05/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran JOLALI (Jago Belajar Lingkaran) berbasis aplikasi android dengan pendekatan kontekstual yang akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Media pembelajaran ini memuat materi, kuis, dan game tentang lingkaran yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi perancangan (planning), penyusunan produk (production), dan evaluasi (evaluation). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu JOLALI divalidasi oleh para ahli, kemudian direvisi oleh peneliti, lalu diuji-cobakan pada siswa. Penilaian validitas dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Penilaian oleh ahli materi memberikan hasil persentase sebesar 91,02% (sangat memenuhi) dengan memuat indikator pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Adapun penilaian oleh ahli media mendapatkan hasil persentase sebesar 86,88% (sangat memenuhi). Berdasarkan penilaian tersebut, media pembelajaran berbasis android ini dinyatakan valid. Adapun penilaian kepraktisan oleh tiga puluh siswa memberikan hasil persentase sebesar 95,90% (sangat memenuhi), sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran JOLALI berbasis android layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Aplikasi Android KW - Kontekstual KW - Pemahaman Konsep KW - Minat Belajar KW - Lingkaran M1 - skripsi TI - APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA AV - restricted EP - 221 ER -