eprintid: 42608
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12316
dir: disk0/00/04/26/08
datestamp: 2021-06-29 23:29:09
lastmod: 2021-06-29 23:29:09
status_changed: 2021-06-29 23:29:09
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Laras Santi, NIM.: 16600068
title: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI
ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN KRITERIA
WATSON
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: aritmetika sosial, soal matematika kontekstual, analisis kesalahan watson
note: Pembimbing Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
abstract: Soal matematika kontekstual adalah soal matematika yang materinya dapat dikaitkan dengan situasi nyata siswa. Salah satu materi yang dekat dengan situasi nyata siswa adalah aritmetika sosial. Penyelesaian soal matematika kontekstual membutuhkan pemahaman konsep dan keterampilan yang kompleks. Hal ini merupakan aspek yang cukup sulit bagi siswa sehingga berakibat kesalahan dalam penyelesaiannya. Mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika sangat penting dilakukan sebagai bahan evaluasi pembelajaran sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang sama. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kriteria watson. Kriteria watson sangat detail dalam mendiskripsikan kesalahan sehingga letak kesalahan dapat dengan mudah teridentifikasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif – kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tahap pra lapangan meliputi menyusun rancangan penelitian dan menyusun instrumen. 2) tahap lapangan meliputi memberikan tes diagnostik serta melakukan wawancara 3) tahap analisis data meliputi analisis terhadap hasil tes diagnostik dan hasil wawancara kemudian menarik kesimpulan.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan berdasarkan kriteria watson dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual pada materi aritmetika sosial. Persentase siswa melakukan kesalahan data tidak tepat sebesar 93,54%, prosedur tidak tepat sebesar 100%, data hilang sebesar 100%, tidak ada kesimpulan sebesar 100%, konflik level respon sebesar 100%, manipulasi tidak langsung sebesar 100%, masalah hierarki keterampilan sebesar 93,54% dan selain tujuh kategori diatas sebesar 87,09%. Penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya menambah data, lupa rumus, tidak teliti dalam membaca soal, tidak penting menulis kesimpulan, tidak memahami soal, tidak perlu menulis jawaban secara logis, tidak dapat merubah rumus, dan tidak menjawab soal.
date: 2020-07-17
date_type: published
pages: 221
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Laras Santi, NIM.: 16600068  (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN KRITERIA WATSON.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42608/1/16600068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42608/2/16600068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf