TY - THES N1 - Pembimbing: Winarti, M.Pd.Si ID - digilib4261 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4261/ A1 - NUGRAHENI ROMADHONI - NIM. 05460019, Y1 - 2010/04/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan yang dilihat dari proses pembelajaran, penguasaan konsep serta efektivitas penggunaan pendekatan discovery-inquiry dengan melibatkan langsung siswa dalam pembuatan alat percobaan fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Klaten. Sedangkan sampel yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII G dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar tes, lembar angket dan lembar observasi, yakni pretest dan posttest. Analisa data yang digunakan adalah Analisa Kovarians (Anakova). Perhitungan analisa kovarians (Anakova) diperoleh dari nilai tes kemampuan memahami konsep fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan selama proses pembelajaran fisika sedang berlangsung. Perlakuan yang dimaksud berupa penerapan pendekatan discovery-inquiry dengan melibatkan siswa secara langsung untuk membuat alat percobaan sederhana. Dari perhitungan data tersebut diperoleh nilai Fhitung = 5,91 Ftabel = 3,98 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5% sedangkan hasil uji-t diperoleh sebesar thitung = 3,45 ttabel = 2,00 dengan db = 70 pada taraf signifikansi 5% dan siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 6,76%. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kecakapan berfikir pada siswa yang diberi perlakuan yaitu melibatkan siswa dengan penggunaan pendekatan discovey-inquiry,dengan penggunaan metode yang konvensional yaitu dengan metode ceramah dan demonstrasi. Ternyata, dengan melibatkan siswa dengan penggunaan pendekatan discovey-inquiry lebih efektif dalam meningkatkan kecakapan berfikir rasional. Dibuktikan dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada rerata skor akhir yang diperoleh siswa pada kelompok kontrol. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Keterlibatan siswa KW - pendekatan discovery-inquiry KW - kecakapan berfikir rasional. M1 - skripsi TI - KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL AV - restricted ER -