%0 Thesis %9 Skripsi %A Naily Syarifah, NIM.: 16600081 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:42610 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Missouri Mathematics Project (MMP), Guided Inquiry, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar %P 339 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42610/ %X Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model MMP dengan metode Guided Inquiry lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model MMP dengan metode Guided Inquiry lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu model MMP dengan metode Guided Inquiry serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Magelang tahun ajaran 2019/2020, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII A dan kelas VII D. Kelas VII A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment MMP dengan metode Guided Inquiry. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale kemandirian belajar, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik yaitu uji t dan statistika nonparametrik yaitu uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model MMP dengan metode Guided Inquiry lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep dan model MMP dengan metode Guided Inquiry memiliki keefektifan yang sama dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. %Z Pembimbing Suparni, S.Pd., M.Pd