TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib42615 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42615/ A1 - Siti Ira Yasiroh, NIM.: 14420026 Y1 - 2020/07/01/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang merasa kesulitan dalam masalah al-kalam bahasa Arab, dengan diterapkannya metode kooperatif tipe team game tournament agar menjadikan pembelajaran kelompok lebih aktif dengan adanya unsur kompetisi, dan dengan media kokami agar menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) efektivitas penggunaan metode Cooperative Learning teknik Team Game Tournament dengan media kokami dalam pengajaran al-kalam bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental desain control group pretest-posttest. Obyek penelitian adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,96, dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 11,47. hal ini menunjukan bahwa rata-rata peningkatan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata peningkatan kelas kontrol. (2) Hasil analisis yang didasarkan dari hasil uji-t menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sehingga metode cooperative learning teknik team game tournament dengan media kokami efektif digunakan dalam pembelajaran al-kalam bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode belajar KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA KOKAMI DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM DI MTSN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020 AV - restricted EP - 114 ER -