@phdthesis{digilib42617, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI MEDIA SMARTPHONE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C DI MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14420054 Ridlo Akmal}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Drs.Dudung Hamdun, M.Si.}, keywords = {Metode belajar, Pendidikan Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42617/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukan bahwa di MTsN 1 Yogyakarta menerapkan media smartphone dalam pembelajaran Bahasa Arab, melalui media smartphone ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan media smartphone dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII C di MTsN 1 Yogyakarta, serta untuk mengetahui pengaruh media smartphone dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengambil objek penelitian di MTsN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif yang berarti mendeskripsikan data yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini guru memilih smartphone berbasis android sebagai media pembalajaran secara Online. Aplikasi yang digunakan yaitu whatsapp dan Google form. Smartphone menjadi media paling efektif khususnya di masa pandemi Corona. Dengan media smartphone siswa merasa semangat dan antusias di dalam pembelajaran bahasa Arab. Ada beberapa kendala didalam pembelajaran menggunakan media smartphone ini antara lain, tidak semua siswa mampu mengikuti pembelajaran menggunakan media smartphone, dan ada beberapa siswa mengeluh terkait pembelajaran secara online, seperti siswa yang belum mempunyai smartphone sendiri, boros kuota internet dan guru belum mampu membuat program aplikasi sendiri yang menunjang pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini menunjukkan adanya hasil belajar siswa yang meningkat secara signifikan. Ketika smartphone diterapkan sebagai media pembelajaran bahasa arab secara online, ada peningkatan nilai. Dapat dilihat bahwa nilai sig.(2-tailed) adalah 0.000. Sesuai dengan asumsi dasar pengambilan keputusan untuk Independent Sample T-Test bahwa berdasarkan data diatas H0 ditolak karena 0.000{\ensuremath{<}} 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media smartphone dengan hasil belajar setelah menggunakan media smartphone.} }