eprintid: 42660 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/04/26/60 datestamp: 2021-07-07 10:00:38 lastmod: 2021-07-07 10:00:38 status_changed: 2021-07-07 10:00:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad fahmi Mubarok, NIM.: 15420041 title: KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendidikan bahasa arab, Madrasah note: Pembimbing : Drs. H. Adzfar Ammar, M.A abstract: Bahasa Arab memiliki peran yang sangat urgen. Lebih-lebih bagi umat islam karena bahasa Arab merupakan bahasa ilmu pengetahuan, baik ilmu-ilmu keagamaan maupun ilmu-ilmu yang lain. Adapun pembelajaran bahasa Arab di SMP Daaru Ulil Albab Tegal, khususnya pada kelas VII A bahwa pembelajaran bahasa Arab masih tergolong kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada kesulitan linguistik dan non linguistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan tes, Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan wawancara serta tes pembelajaran bahasa Arab pada linguistik (dari aspek fonologi, morfologi, sintaksis, semantik) dan non linguistik ( faktor peserta didik, metode, materi, waktu, fasilitas, dan sosial) pada siswa kelas VII A SMP Daaru Ulil Albab Tegal ditemukan kesulitan siswa. Guru Bahasa Arab SMP Daaru Ulil Albab Tegal perlu merubah cara mengajarnya dengan mengubah metode pembelajaran, belajar membaca bahasa arab dengan satu kata sampai beberapa kata dengan demikian guru mengetahui kasulitan yang dihadapi siswa, usahakan agar siswa menyukai pembelajaran bahasa Arab. date: 2020-08-05 date_type: published pages: 137 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad fahmi Mubarok, NIM.: 15420041 (2020) KESULITAN LINGUISTIK DAN NON LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A SMP DAARU ULIL ALBAB TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42660/1/15420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42660/2/15420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf