@phdthesis{digilib42682, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET BIOMONITORING DALAM MATERI EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16680027 Restin Ambangsih}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Annisa Firanti.S.Pd.Si.M.Pd.}, keywords = {Metode pembelajaran, Ekosistem}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42682/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis riset biomonitoring dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berbasis riset biomonitoring yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R\&D dengan model pengembangan mengadaptasi model 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas perangkat pembelajaran, angket keterlaksanaan RPP dan angket respon peserta didik dalam bentuk check list. Perangkat ini dinilai oleh 2 guru biologi, 3 dosen ahli, 2 peer reviewer dan di uji coba pada siswa kelas X MIPA sejumlah 22 siswa. Perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Evaluasi Hasil Belajar. Berdasar hasil penelitian, validitas silabus rata-rata 3,32 dengan kategori sangat valid. Validitas RPP rata-rata 3,43 dengan kategori sangat valid, validitas LKPD rata-rata 3,38 dengan kategori sangat valid, sedangkan validitas evaluasi hasil belajar rata-rata 3,22 dengan kategori valid. Data hasil keterlaksanaan RPP menunjukkan skor rata-rata 3,08 dengan kategori tinggi dan mendapatkan respon positif peserta didik yang ditunjukkan nilai rata-rata respon 2,87. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis riset biomonitoring yang dikembangkan memenuhi kualitas valid dan praktis yang ditunjukkan oleh nilai validitas 3,34 (sangat valid) dan nilai kepraktisan 2,98 (tinggi).} }