TY - THES N1 - Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd. ID - digilib42703 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42703/ A1 - Ismiatun, NIM.: 16670034 Y1 - 2020/08/27/ N2 - Critical thinking atau berpikir kritis merupakan salah satu fokus keahlian bidang pendidikan pada pembelajaran era revolusi 4.0, yang termasuk bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS diharapkan dapat meningkatkan level berpikir peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS diyakini dapat menjadi tolak ukur level berpikir peserta didik. Gugus fungsi sebagai materi dasar dengan cakupan materi yang luas, sering dianggap sulit oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi gugus fungsi dan menganalisis kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Development saja. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon oleh sepuluh peserta didik setelah sebelumnya produk divalidasi oleh dosen pembimbing serta tiga peer reviewer. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgment yaitu produk dinilai oleh ahli yang sesuai dengan bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Produk hasil pengembangan yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi gugus fungsi yang memuat soal-soal dengan karakteristik HOTS dan dilengkapi dengan pembahasan pada setiap soalnya. Persentase hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 90% dengan kategori kualitas sangat baik (SB), penilaian ahli media termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 100%, dan kualitas penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA adalah sangat baik dengan persentase keidealan 86,87%. Buku ini mendapat respon dari peserta didik dengan persentase 93%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kimia KW - Buku pelajaran M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GUGUS FUNGSI AV - restricted EP - 156 ER -