%0 Thesis %9 Skripsi %A Fitri Suryani, NIM.: 16670030 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:42705 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kimia, Buku pelajaran, Polimer %P 204 %T PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI POLIMER %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42705/ %X Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. HOTS dapat mendorong kemampuan berpikir, kritis, kreatif, dan analitis terhadap informasi dan data dalam memecahkan permasalahan. Namun berdasarkan hasil evaluasi PISA (Programme for International Student Assesment), kemampuan HOTS peserta didik Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini terjadi karena penilaian berbasis HOTS belum efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dan kurangnya sumber belajar bermuatan HOTS, salah satunya dalam pembelajaran kimia. Materi kimia yang biasanya disampaikan kurang intensif dan hanya menggali ranah berpikir tingkat rendah adalah polimer. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi polimer dan mengetahui kualitas modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru kimia SMA/MA), serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XII. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi polimer yang memuat soal-soal berkarakteristik HOTS disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 96,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 90,45% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase 89,17%. %Z Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd