@phdthesis{digilib4272, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIKLUS: ACTIVIES, CLASSDISCUSSION, EXERCISE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMA }, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SITI NURMABRUROH - NIM. 05460017 }, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Murtono, M. Si}, keywords = {Action, Process, Object, Schema, Activies, Class- Discusion, Exercise.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4272/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar Action, Process, Object, Schema (APOS) dengan menggunakan pendekatan siklus: Activies, Class- Discusion, Exercise pada pembelajaran fisika yang dalam pelaksanaanya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar fisika pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Untuk pengambilan data sampel dengan menggunakan sampel acak dalam klaster (Cluster Random Sampling). Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MAN 2 Wates dan untuk sampelnya XB dan XC. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: lembar kerja siswa (LKS), lembar tes yakni pretest dan posttest, lembar observasi, lembar angket, dan untuk analisis data menggunakan teknik Analisis of Varians (ANOVA). Teknik uji Anova diperoleh dari nilai tes kemampuan memahami konsep fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan (treatment) selama proses pembelajaran. Treatment yang diberikan berupa teori belajar Action, Process, Object, Schema (APOS) dengan menggunakan pendekatan siklus: Activies, Class- Discusion, Exercise, hasil perhitungan uji Anava untuk nilai Fhitung = 9,65 nilai Ftabel = 4,07 dengan db = 1 pada taraf signifikasi 5\%. Sedangkan hasil perhitungan uji t untuk nilai thitung = 3,16 nilai ttabel = 2,63 dengan db = 59 pada taraf signifikasi 5\%. Adapun sikap siswa dalam memberikan sumbangan efektif sebesar 3,47\% sehingga sikap siswa tidak memberi pengaruh yang besar dalam peningkatan pemahaman fisika pada siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep belajar fisika pada siswa dengan menggunakan teori belajar Action, Process, Object, Schema (APOS) melalui pendekatan siklus: Activies, Class- Discusion, Exercise. Keberhasilan ini dapat kita lihat dari rerata skor akhir siswa untuk kelompok eksperimen 14,67 yang lebih besar dibanding rerata skor kelompok kontrol 12,45. } }