eprintid: 42722 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/27/22 datestamp: 2021-07-09 04:29:41 lastmod: 2021-07-09 04:29:41 status_changed: 2021-07-09 04:29:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ida Indri Astuti, NIM.: 16720012 title: STRATEGI PENGEMUDI OJEK ONLINE PEREMPUAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA PELECEHAN SEKSUAL DI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Strategi, Ojek Online, Pelecehan Seksual, adaptasi note: Pembimbing : Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos, M.A abstract: Ojek online ialah salah satu pekerjaan yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2015 dan tersebar dalam kota-kota besar di Indonesia salah satunya yaitu kota Yogyakarta. Terdapat kelebihan dari ojek online ini yaitu bisa dikerjakan oleh laki-laki dan perempuan serta tidak memandang usia bisa dikerjakan orang dewasa, anak SMA, anak kuliahan ataupun ibu rumah tangga. Tetapi pekerjaan ojek online ini tidak terlepas dari adanya dampak yang beresiko. Dampak tersebut antara lain resiko keselamatan dalam berkendara, resiko terjadi pelecehan seksual terutama untuk driver perempuan dan resiko yang lainnya. Untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual terhadap driver ojek online perempuan di Yogyakarta, maka mereka harus mempunyai strategi dalam mencegah terjadinya pelecehan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengemudi ojek online perempuan dalam mencegah terjadinya pelecehan seksual di Yogyakarta. Teori yang digunakan yaitu teori Adaptasi menurut John W. Bennett. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahap strategi yang dilakukan oleh driver ojek online perempuan di Yogyakarta yaitu pertama, tahap perilaku adaptif dengan cara melakukan perbaikan diri mulai dari menjaga penampilan, bersikap dan bertingkah laku yang sopan kepada pelanggan. Kedua, yaitu tahap strategi adaptif dengan menegur dengan sopan kepada pelanggan yang berbicara kotor atau menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi dan melapor kepada kantor pusat ojek online. Dan yang terakhir yaitu proses adaptif yaitu dengan cara tidak bekerja sampai larut malam,tidak menerima orderan go ride dari pelanggan laki-laki dan lebih selektif dalam memilih pelanggan. date: 2020-06-24 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ida Indri Astuti, NIM.: 16720012 (2020) STRATEGI PENGEMUDI OJEK ONLINE PEREMPUAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA PELECEHAN SEKSUAL DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42722/1/16720012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42722/2/16720012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf