relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/ title: OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul) creator: SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , subject: Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran, meningkatkan aktifitas dalam proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2009/2010 dengan materi Gerak Lurus. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pre-test, post-test, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksankan dengan tiga siklus. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran fisika siswa dapat optimal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana persentase tanggapan positif siswa sebesar 90%; (2) terjadi peningkatan aktifitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 63,12%, siklus II sebesar 80,22%, dan pada siklus III sebesar 86,37%; (3) terjadi peningkatan prestasi siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata pada siklus I sebesar 52,10, pada siklus II sebesar 82,45, dan pada siklus III sebesar 84,90; peningkatan ranah afektif siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek dalam kelas pada siklus I sebesar 53,53%, siklus II sebesar 75,14% , dan siklus III sebesar 89,43%; peningkatan ranah psikomotorik siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek untuk siklus I sebesar 81,37%, siklus II sebesar 91,43%, dan siklus III sebesar 100%. date: 2010-04-19 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , (2010) OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.