TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M. Pd. ID - digilib4273 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/ A1 - SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , Y1 - 2010/04/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran, meningkatkan aktifitas dalam proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2009/2010 dengan materi Gerak Lurus. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pre-test, post-test, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksankan dengan tiga siklus. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran fisika siswa dapat optimal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana persentase tanggapan positif siswa sebesar 90%; (2) terjadi peningkatan aktifitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 63,12%, siklus II sebesar 80,22%, dan pada siklus III sebesar 86,37%; (3) terjadi peningkatan prestasi siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata pada siklus I sebesar 52,10, pada siklus II sebesar 82,45, dan pada siklus III sebesar 84,90; peningkatan ranah afektif siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek dalam kelas pada siklus I sebesar 53,53%, siklus II sebesar 75,14% , dan siklus III sebesar 89,43%; peningkatan ranah psikomotorik siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek untuk siklus I sebesar 81,37%, siklus II sebesar 91,43%, dan siklus III sebesar 100%. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - CTL KW - modeling KW - media KW - aktifitas dan prestasi. M1 - skripsi TI - OPTIMALISASI ?CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING? (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul) AV - restricted ER -