eprintid: 4273 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/42/73 datestamp: 2012-09-06 11:39:20 lastmod: 2016-02-01 06:29:51 status_changed: 2012-05-04 16:45:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , title: OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul) ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: CTL, modeling, media, aktifitas dan prestasi. note: Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran, meningkatkan aktifitas dalam proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2009/2010 dengan materi Gerak Lurus. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pre-test, post-test, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksankan dengan tiga siklus. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran fisika siswa dapat optimal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana persentase tanggapan positif siswa sebesar 90%; (2) terjadi peningkatan aktifitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 63,12%, siklus II sebesar 80,22%, dan pada siklus III sebesar 86,37%; (3) terjadi peningkatan prestasi siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata pada siklus I sebesar 52,10, pada siklus II sebesar 82,45, dan pada siklus III sebesar 84,90; peningkatan ranah afektif siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek dalam kelas pada siklus I sebesar 53,53%, siklus II sebesar 75,14% , dan siklus III sebesar 89,43%; peningkatan ranah psikomotorik siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek untuk siklus I sebesar 81,37%, siklus II sebesar 91,43%, dan siklus III sebesar 100%. date: 2010-04-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-19 15:12:08 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sripujiles-4053-1-sripuji-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/82/digilib-uinsuka--sripujiles-4053-1-sripuji-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4564 ; nama file lama : SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 OPTIMALISASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1620956 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , (2010) OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf