eprintid: 4274 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/42/74 datestamp: 2012-09-06 14:59:51 lastmod: 2016-02-19 03:30:21 status_changed: 2012-05-04 16:45:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI SULASTRI - NIM. 05440004 , title: PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: pretest, posttest, purpossive sampling,uji t note: Pembimbing: Siti Fatonah, M. Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 pada Pokok Bahasan Minyak dan Gas Bumi antara kelas yang diberi pretest dan posttest dengan kelas yang tidak diberi pretest dan posttest jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun 2008/2009 sebanyak 9 (sembilan) kelas. Sampel sebanyak 2 (dua) kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data pengetahuan awal kimia (dokumentasi) yang diambil dari nilai ulangan harian pada bab sebelumnya, sebelum diberikan perlakuan yaitu bab Hidrokarbon. Selain itu juga diadakan ulangan untuk mendapatkan nilai akhir setelah perlakuan diberikan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Dari perhitungan didapatkan nilai rerata kelas eksperimen adalah 69, 58 dan kelas kontrol 64,38. Harga t0 perhitungan yaitu 1,89. t0 yang didapat dari perhitungan kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel para taraf signifikansi 5% dan derajad kebebasan (db) 66. Nilai t tabel pada db 66 adalah 2,00. Uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil diterimanya H0 (hipotesis nihil) yang berarti tidak adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang diberikan pretest dan posttest dengan yang tidak diberikan pretest dan posttest bila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dari tidak signifikannya data yang diperoleh, berarti dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 pada pokok bahasan minyak dan gas bumi antara kelas yang diberi pretest dan posttest dengan yang tidak diberi pretest dan posttest jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Namun demikian, rerata prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. date: 2010-04-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-19 15:22:13 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srisulastr-4054-1-srisula-2.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/82/digilib-uinsuka--srisulastr-4054-1-srisula-2.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4565 ; nama file lama : SRI SULASTRI - NIM. 05440004 PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 913738 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI SULASTRI - NIM. 05440004 , (2010) PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 PADA POKOK BAHASAN MINYAK DAN GAS BUMI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4274/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4274/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf