TY - THES N1 - Pembimbing : Khamidinal,S.Si, M.Si, ID - digilib42743 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42743/ A1 - Haniam Maria, NIM.: 16670022 Y1 - 2020/07/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan adversity quotient dan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga dan keeratan hubungan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Banguntapan. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah 35 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Banguntapan. Instrumen penelitian menggunakan soal tes kemampuan penalaran matematis, angket adversity quotient dan angket motivasi belajar kimia. Analisis statistik dilakukan dengan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan adversity quotient pada materi larutan penyangga, 2) tidak terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga, 3) terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara adversity quotient dengan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga dengan keeratan hubungan kuat dan nilai r = 0,763. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penalaran Matematis KW - Adversity Quotient KW - Motivasi Belajar Kimia M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted EP - 131 ER -