%A NIM.: 16670022 Haniam Maria %O Pembimbing : Khamidinal,S.Si, M.Si, %T HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan adversity quotient dan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga dan keeratan hubungan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Banguntapan. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah 35 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Banguntapan. Instrumen penelitian menggunakan soal tes kemampuan penalaran matematis, angket adversity quotient dan angket motivasi belajar kimia. Analisis statistik dilakukan dengan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan adversity quotient pada materi larutan penyangga, 2) tidak terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga, 3) terdapat hubungan linier positif dan signifikan antara adversity quotient dengan motivasi belajar kimia pada materi larutan penyangga dengan keeratan hubungan kuat dan nilai r = 0,763. %K Penalaran Matematis, Adversity Quotient, Motivasi Belajar Kimia %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib42743