TY - THES N1 - ZAEN MUSYRIFIN S.Sos.I, M.Pd ID - digilib42763 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42763/ A1 - MUHAMAD SUNGGING JALADRI, NIM : 13220039 Y1 - 2020/12/18/ N2 - Berbagai macam situasi yang dihadapi mahasiswa pekerja didalam menghadapi tugas akhir menyebabkan diperlukannya kemampuan menyesuaikan diri yang baik dengan segala situasi yang sakit agar permasalahan akademik yang menyulitkan dapat diminimalisir dan diatasi. Oleh karena itu dibutuhkan strategi atau manajemen belajar yang baik untuk menghadapi berbagai permasalahan akademik yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk strategi Dosen Pembimbing Akademik dan bentuk-bentuk dorongan mahasiswa yang lulus lama didalam mengerjakan skripsi. Dari berbagai permasalahan yang ada dapat dilihat berbagai strategi dan motivasi belajar didalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan wawancara yang mendalam serta observasi detail dengan mewawancarai hal-hal yang dilakukan subyek. Penelitian ini dilakukan pada 3 Dosen dan 4 mahasiswa yang menempuh 7 tahun masa studi dan berhasil lulus pada tahun ketujuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dosen pembimbing akademik untuk memotivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi adalah menggunakan materi yang dikenal sebagai contoh didalam belajar, memperjelas tujuan belajar, dan membuat suasana sehat. PB - FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI KW - Strategi KW - Motivasi Belajar KW - Mahasiswa M1 - skripsi TI - STRATEGI DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DALAM MEMOTIVASI MAHASISWA MENYELESAIKAN SKRIPSI (STUDI PADA 4 MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING ISLAM ANGKATAN 2013 YANG LULUS TAHUN 2020) AV - restricted EP - 109 ER -