eprintid: 42777 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/27/77 datestamp: 2021-07-13 03:23:25 lastmod: 2021-07-13 03:23:25 status_changed: 2021-07-13 03:23:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi Permatasari, NIM. 13240052 title: STRATEGI FUNDRAISING DI RUMAH ZAKAT YOGYAKARTA TAHUN 2020 ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Strategi, Fundraising , Rumah Zakat Yogyakarta note: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd., abstract: Kemiskinan di Indonesia menjadi salah satu masalah yang harus segera di selesaikan. Kemiskinan terjadi di perkotaan maupun di pedesaan. Kemiskinan terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang beberapa masyarakatnya mengalami kemiskinan. Kemiskinan yang tidak segera diatasi akan memberikan dampak negatif. Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh kemiskinan yaitu meningkatnya kriminalitas, pendidikan rendah, masalah kesehatan, dan penurunan ekonomi. Karena itu dibutuhkan solusi dari permasalahan kemiskinan tersebut. Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka potensi zakat, infaq, dan sedekah di Indonesia harus dimanfaatkan. Salah satunya dengan adanya lembaga penyalur zakat, infaq, sedekah. Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infaq, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu senyum juara, senyum sehat, senyum mandiri, dan senyum lestari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung ke Rumah Zakat Yogyakarta. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data. Setelah pengecekan data lalu dilakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Rumah Zakat Yogyakarta dalam menggalang dana menggunakan metode fundraising terdiri dari metode fundraising langsung (direct fundraising) dan metode fundraising tidak langsung (inderect fundraising). Metode fundraising langsung dilakukan dengan direct mail, direct advertaising, shopping charity, menyediakan kontak person, dan market place. Sedangkan untuk penggalangan tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan menjadi sponsor acara. date: 2020-12-18 date_type: published pages: 114 institution: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI department: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewi Permatasari, NIM. 13240052 (2020) STRATEGI FUNDRAISING DI RUMAH ZAKAT YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42777/1/13240052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42777/2/13240052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf