%0 Journal Article %@ ISSN 2477-2070 (Print); ISSN 2685-8363 (Online) %A Riazmi Yusma Sari, - %A Anis Masruri, - %D 2020 %F digilib:42793 %I UNS Solo %J Jurnal Pustaka Ilmiah, %K Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pengembangan Koleksi, Disabilitas. %N 2 %P 1045-1055 %T TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42793/ %V 6 %X Proses inti dari kegiatan pada sebuah perpustakaan adalah mengembangkan koleksi�koleksi demi kemajuan sumber pengetahuan. Pengembangan koleksi pada penelitian ini yaitu pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pengembangan koleksi pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan objeknya yaitu mahasiswa disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan untuk menggali informasi terkait dengan tahapan pengembangan koleksi, dan wawancara dilakukan dengan ibu Dra. Ida Nor’aini Hadna, M.Pd (Kobid Layanan Teknis) dan Isrowiyanti (Kour Informasi). Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa tahapan pengembangan koleksi yang ditawarkan oleh Evans dengan 6 komponen kegiatan yang terdiri dari Analisis masyarakat dalam hal ini masyarakat pengguna, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi. Teori ini diterapkan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mahasiswa yang normal dan penyandang disabilitas di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kebutuhan pengetahuan yang sama, dikelompokkan dalam kelas yang sama. Namun dalam hal ini yang membedakannya adalah cara mengakses yang dilakukan oleh mahasiswa disabilitas dengan penambahan bantuan yaitu melalui media audio dan visual dan lainnya.