TY  - JOUR
ID  - digilib42793
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42793/
IS  - 2
A1  - Riazmi Yusma Sari, -
A1  - Anis Masruri, -
N2  - Proses inti dari kegiatan pada sebuah perpustakaan adalah mengembangkan koleksi?koleksi demi kemajuan sumber pengetahuan. Pengembangan koleksi pada penelitian 
ini yaitu pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan 
untuk mengetahui tahapan-tahapan pengembangan koleksi pada perpustakaan UIN 
Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan objeknya yaitu mahasiswa disabilitas. Penelitian 
ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik 
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi 
dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan untuk 
menggali informasi terkait dengan tahapan pengembangan koleksi, dan wawancara 
dilakukan dengan ibu Dra. Ida Nor?aini Hadna, M.Pd (Kobid Layanan Teknis) dan 
Isrowiyanti (Kour Informasi). Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan 
bahwa tahapan pengembangan koleksi yang ditawarkan oleh Evans dengan 6 
komponen kegiatan yang terdiri dari Analisis masyarakat dalam hal ini masyarakat 
pengguna, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi. Teori ini diterapkan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mahasiswa yang normal 
dan penyandang disabilitas di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kebutuhan 
pengetahuan yang sama, dikelompokkan dalam kelas yang sama. Namun dalam hal 
ini yang membedakannya adalah cara mengakses yang dilakukan oleh mahasiswa 
disabilitas dengan penambahan bantuan yaitu melalui media audio dan visual dan 
lainnya.
VL  - 6
TI  - TAHAPAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DISABILITAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
AV  - public
EP  - 1055
Y1  - 2020///
PB  - UNS Solo
JF  - Jurnal Pustaka Ilmiah,
KW  - Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
KW  -  Pengembangan Koleksi
KW  -  
Disabilitas.
SN  - ISSN 2477-2070 (Print); ISSN 2685-8363 (Online)
SP  - 1045
ER  -