@phdthesis{digilib4281, month = {April}, title = {PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM - BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { YULI SETYOWATI - NIM. 05450021}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd}, keywords = {Model, Problem-Based Learning, Partisipasi, Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4281/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa, serta mengetahui tanggapan siswa dalam proses pembelajaran Biologi dengan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok fotisintesis. Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam kerja kelompok, data hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dan data tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem-Based Learning. Data partisipasi diperoleh melalui hasil observasi, hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil pre-test dan post-test siswa, dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang diberikan pada akhir siklus II. Hasil observasi partisipasi dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase, hasil belajar siswa dianalisis dengan effect size, dan tanggapan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan partisipasi dapat dilihat dari masing-masing aspek partisipasi yang meliputi aspek memberi ide atau pendapat sebesar 13,88\%, menerima pendapat orang lain sebesar 36,11\%, melaksanakan tugas yang diberikan kelompok sebesar 8,33\%, kerjasama dalam kelompok sebesar 30,55\%, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok sebesar 22,23\%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 0,86. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning adalah positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar Biologi khususnya pada materi pokok fotosintesis di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok. } }