@phdthesis{digilib42811, month = {August}, title = {PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN BISNIS MEMBER ORIFLAME DI YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 13720035 Devita Puspaningtyas}, year = {2020}, note = {Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M. Si.}, keywords = {MLM; Consultant Oriflame; pemasaran langsung; bisnis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42811/}, abstract = {Oriflame adalah Perusahaan Kosmetik yang berdiri pada tahun 1976 dan berpusat di Swedia. Oriflame telah masuk Indonesia lebih dari 30 tahun dan memiliki 14 Kantor Cabang yang tersebar di Indonesia salah satunya terdapat di Yogyakarta yang telah berdiri sejak Tahun 2002 dan memiliki 23.00 member aktif. Oriflame merupakan perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), yang menjalankan penjualan dengan sistem berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Oriflame yang merupakan multi level marketing memiliki semangat kinerja modal sosial dan menerapkan beberapa nilai ? nilai dasar sebagai prinsip bisnis yaitu togetherness, spirit, and passion dimana orang orang yang bekerja di bisnis oriflame harus mampu bekerja sama, saling memotivasi, dan berbagi tujuan yang sama untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis Oriflame. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana member Oriflame menggunakan modal sosial dalam penguatan bisnis dan jaringannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Kantor Cabang Oriflame Yogyakarta di Jalan Magelang Km 6,2, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel di dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih beberapa member oriflame dari beberapa group dan usia untuk mendapatkan informasi tentang modal sosial yang digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.Penelitian ini menggunakan Teori Modal Sosial oleh Putnam, modal sosial meliputi tiga aspek, Kepercayaan, Jaringan dan Norma. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan , menunjukkan hasil bahwa . Member Oriflame Yogyakarta menggunakan 3 aspek yang terdapat di dalam Modal Sosial yaitu, Kepercayaan , Relasi dan Norma dengan porsi yang berbeda oleh masing - masing member. Kepercayaan di dalam member oriflame terdapat dua aspek yaitu percaya terhadap perusahan oriflame yaitu dengan memakai produknya dan rasa saling percaya antara upline dan downline bahwa mereka dapat saling membantu dan saling menguntungkan untuk mengembangkan bisnis. Relasi / jaringan , para member oriflame memanfaatkan relasi baik itu teman atau saudara untuk direkrut agar dapat mengembangkan jaringan. Norma (norma) di dalam bisnis oriflame meliputi dua aspek yaitu yang tertulis di dalam kode etik oriflame dan norma ? norma sosial yang muncul dari rasa saling menguntungkan dari kedua pihak.} }