TY - THES N1 - Dr. U. Muhsin S.Ag., MA., M.Pd. ID - digilib42812 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42812/ A1 - Sarah Asyifa Rizqi, NIM. 15220062 Y1 - 2020/07/17/ N2 - Penelitian ini diatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Sedayu yang menunjukkan banyaknya siswa yang terlambat datang ke sekolah. Salah satu program konseling di SMA Negeri 1 Sedayu yang sudah berjalan adalah konseling kelompok. Tujuannya untuk mengetahui tahap-tahap konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Sedayu. metode Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah tujuh orang siswa kelas XI IPS 1. Objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap yang digunakan dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Sedayu adalah pertama tahap pra konseling, yaitu persiapan pelaksanaan konseling. Kedua tahap pembentukan kelompok, yaitu membentuk kelompok untuk melaksanakan konseling. Ketiga, tahap transisi yaitu tahap yang dilakukan sebelum memasuki tahap inti. Keempat, tahap inti yaitu tahap pembahasan permasalahan. Kelima, tahap pengakhiran yaitu pelaksanaan konseling telah berakhir. Keenam, tahap tindaklanjut dan evaluasi yaitu mengadakan pelaksanaan konseling untuk melanjutkan konseling apabila masih diperlukan oleh konseli. Evaluasi yaitu untuk mengevaluasi pembahasan yang dilakukan dalam konseling. PB - FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI KW - Konseling Kelompok KW - Meningkatkan Kedisiplinan M1 - skripsi TI - KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI SEDAYU BANTUL DI YOGYAKARTA AV - restricted EP - 108 ER -