TY - THES N1 - Pembimbing Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc., M. A. ID - digilib42849 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42849/ A1 - Siti Aminah, NIM.: 16240043 Y1 - 2021/03/02/ N2 - Siti Aminah (16240043). Manajemen Pelayanan Jemaah Haji Lanjut Usia oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah jemaah haji lanjut usia secara fluktuatif dari tahun 2015-2019. Kondisi jemaah haji lanjut usia pada umumnya mulai pelupa, mudah bingung, serta kondisi fisik yang mulai menurun seperti mudah lelah dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen pelayanan yang tepat dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji lanjut usia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan yang diterapkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen dalam memberikan pelayanannya kepada jemaah haji lanjut usia pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teori fungsi-fungsi manajemen oleh George R. Terry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, dan tiga jemaah haji lanjut usia Kabupaten Sragen. Objek dalam penelitian ini adalah manajemen pelayanan jemaah haji lanjut usia oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan jemaah haji lanjut usia yang di terapkan mulai dari pelayanan pendaftaran, pelayanan dokemen haji, pelayanan kesehatan, bimbingan manasik haji serta transportasi pemberangkatan dan pemulangan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen belum prima. Hal tersebut terbukti dari kurangnya bimbingan manasik haji yang di rasakan jemaah haji lanjut usia, khususnya jemaah haji lanjut usia yang hanya mengikuti bimbingan manasik haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen tanpa mengikuti bimbingan manasik haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Dalam penerapan fungsi-fungsi manajemen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen melalui seksi penyelenggaraan haji dan umrah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen sesuai teori George R. Terry yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji lanjut usia mengupayakan pemenuhan fasilitas berupa kursi roda dan mobil ambulan bagi jemaah haji lanjut usia yang membutuhkan fasilitas tersebut. Kementerian Agama Kabupaten Sragen mengupayakan mobil ambulan tersebut dengan sistem kerjasama/pinjam dengan instansi terkait PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Pelayanan KW - Jemaah Haji KW - Lanjut Usia M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PELAYANAN JEMAAH HAJI LANJUT USIA OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2019 AV - restricted EP - 144 ER -