TY - THES N1 - Pembimbing Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., MAIS ID - digilib42851 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42851/ A1 - Novita Salma Khairunnisa, NIM.: 16250008 Y1 - 2021/04/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial orangtua terhadap tugas online siswa tunagrahita di SDLB C Wiyata Dharma 2 Sleman. Semenjak diberlakukannya pembelajaran secara online terkait adanya pandemic covid, keterlibatan dan peran orangtua sangatlah dibutuhkan, karena orangtua adalah orang terdekat yang bertanggungjawab terhadap kebutuhan serta pendidikan anak. Dan penting adanya dukungan orangtua kepada anak, terutama anak berkebutuhan khusus salah satunya adalah tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua kepada anak selama pembelajaran online yaitu meliputi dukungan sosial emosional, dukungan sosial instrumental, dukungan sosial penghargaan dan dukungan sosial informatif. Dengan adanya dukungan sosial ini anak menjadi merasa dihargai, diperhatikan dan dicintai. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Dukungan Sosial Orangtua KW - Pembelajaran Tunagrahita KW - dan Pembelajaran Online M1 - skripsi TI - DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE SISWA SDLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN AV - restricted EP - 106 ER -